Rabu, 15 Januari 2014

KINERJA KOMPUTER

Nah, kali ini saya akan menjelaskan  Kinerja Memori dengan permasalahan :
- Berapa cepat
- Berapa Banyak
- Berapa Mahal
Langsung saja yach!!!!
Satuan Memori
Satuan pokok memori adalah digit biner, yang disebut  bit. Suatu bit dapat berisi sebuah angka 0 atau 1. Ini adalah satuan yang paling sederhana. Memori juga dinyatakan dalam byte (1 byte  =  8 bit). Kumpulan byte  dinyatakan dalam  word. Panjang  word yang  umum  adalah 8, 16, dan 32 bit.
Untuk memperoleh keandalan sistem ada tiga pertanyaan yang diajukan: Berapa banyak ?Berapa cepat? Berapa mahal?
Pertanyaan berapa banyak adalah sesuatu yang sulit dijawab, karena berapapun kapasitas memori  tentu aplikasi  akan menggunakannya.
Jawaban pertanyaan berapa cepat adalah memori harus  mempu mengikuti  kecepatanCPU  sehingga  terjadi  sinkronisasi  kerja  antar CPU  dan memori  tanpa  adanya  waktu tunggu karena  komponen lain belum  selesai  prosesnya.
Mengenai harga, sangatlah relatif. Bagi  produsen selalu mencari  harga  produksi  paling  murah tanpa mengorbankan kualitasnya untuk memiliki daya saing di pasaran.
Hubungan harga, kapasitas dan waktu akses adalah :
*   Semakin kecil waktu akses, semakin besar harga per bitnya.
*   Semakin besar kapasitas, semakin kecil harga per bitnya.
*   Semakin besar kapasitas, semakin besar waktu aksesnya.
Keandalan Memori
Memori  yang  besar  karena  harga  per  bit  yang  murah namun hal  itu dibatasi  oleh teknologi  dalam  memperoleh waktu akses  yang  cepat. Salah satu pengorganisasian masalah ini adalah menggunakan hirarki  memori. Seperti  terlihat  pada  gambar  hirarki memori bahwa  semakin menurunnya hirarki maka hal berikut akan terjadi :
*   Penurunan harga/bit
*   Peningkatan kapasitas
*   Peningkatan waktu akses
*   Penurunan frekuensi akses memori oleh CPU.
Kunci  keberhasilan hirarki  ini  pada  penurunan frekuensi  aksesnya. Semakin lambat memori  maka  keperluan CPU  untuk  mengaksesnya  semakin sedikit.
Secara  keseluruhan sistem komputer akan tetap cepat namun kebutuhan kapasitas memori besar terpenuhi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar